Rabu, 17 Desember 2014

Pertemuan yang tak disengaja dengan Sang Penemu Marka Jalan

Beberapa hari yang lalu saya update status di akun facebook, yang isinya berupa kuis dengan pertanyaan : "Siapakah penemu Marka Jalan?" Hanya 14 comment yang masuk, itupun 6 komen dari saya sendiri hahaha... Yang baca status sih mungkin banyak, cuman mau komen tapi gak tau jawabannya, mending diam, mungkin gitu ya.. ? Mungkiiiin...Dan semua jawaban yang masuk adalah salah bin ngawur... Saya sudah cek di mbah gugel, memang tidak ada jawaban memuaskan untuk keyword : penemu marka jalan. Maka saya yakin 1000% pertanyaan itu tidak akan terjawab hehehe..








Sebenarnya agak miris juga dan prihatin juga (termasuk buat saya sendiri), menilik saya dan kebanyakan friend saya adalah para kuli yang bekerja di sektor lalu lintas jalan, bahkan beberapa ada yang mencari sesuap nasi dari jualan marka jalan... Jujur saja, saya juga baru kenalan dengan sang penemu marka tersebut beberapa menit sebelum saya update status FB, itupun secara tidak sengaja karena saat itu saya menyasar sebuah blog motivasi kewirausahaan di salah satu tulisannya yang berjudul Jaya Setiabudi & Dr June McCarroll. Yes, itulah namanya June McCarroll salah satu penemu Marka Jalan. Kenapa kok salah satu, emang ada berapa orang? Oke, simak lebih lanjut...


Nama lengkapnya adalah June Hill Robertson McCarroll (30 Juni 1867 - 30 Maret 1954), beliau adalah seorang perawat (kemudian menjadi dokter). Pada suatu hari di tahun 1917 di Kota Indio California, saat ia mengendarai mobilnya, ia hampir terserempet sebuah truk dari arah berlawanan. Dari kejadian tersebut, muncullah ide untuk membuat sebuah garis pemisah jalur di jalan. Singkat cerita, melalui perjalanan panjang akhirnya di tahun 1924 idenya tentang marka disetujui oleh Komisi Jalan Raya California (California Highway Commission) dan 3.500 mil jalan dicat dengan biaya sebesar $163,000. Ide June McCarroll itu akhirnya mendunia hingga sekarang. Tapi sebentar, tadi katanya June McCarroll hanya salah satu penemu? Benarkah?


Penelusuran saya tentang June McCarroll membawa saya ke sebuah nama Edward N. Hines (1870-1938). Dia dahulu adalah anggota Wayne County Road Commission di Michigan. Hines tercatat sebagai orang pertama yang melakukan pengecatan garis tengah di jalan pada tahun 1911di River Road di Trenton, di Wayne County. Idenya datang kepadanya setelah melihat gerobak susu bocor yang meninggalkan jejak di jalan.

Di tahun 1922, semua jalan-jalan utama di Wayne County memiliki garis tengah. Ide sederhana akhirnya diakui sebagai salah satu perangkat keselamatan lalu lintas yang paling penting dalam sejarah transportasi jalan raya.

Jadi siapa sang penemu sebenarnya? Kalo menurut saya pribadi, keduanya sama-sama sang penemu Marka Jalan, karena ide kedua-nya sama-sama orisinil. Meskipun marka versi June McCarroll lahir belakangan namun itu bukan hasil copy paste dari marka Edward N. Hines.

Well, apapun itu kita wajib mengucapkan terima kasih untuk penemuan hebat di bidang lalu lintas jalan ini. Terima kasih Ibu June Mc Carroll dan Bapak Edward N. Hines...


1 komentar :

Silahkan tinggalkan pesan, kritik, ataupun saran disini